PERAK (Pesantren Ramadhan Kemerdekaan)

Tanjung Priuk (19/08/2011). Siapa diantara anda yang masih ingat dan hafal teks proklamasi? dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI, SD Juara Jakarta Utara 1 mengadakan lomba pembacaan teks proklamasi secara Lip Sync dengan suara aseli Bung Karno sebagai salah satu rangkaian acara PERAK (Pesantren Ramadhan Kemerdekaan). Bukan main seru dan ramainya halaman Masjid Raudlatul Jannah.

Acara dimulai dengan sholat dhuha dan membaca al ma’tsurat, kemudian secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah dengan teriakan takbir dan merdeka!! Rangkaian agenda hari ini adalah full perlombaan. Lomba pertama adalah menyusun gambar gerakan sholat. Saya dan guru-guru lain sampai tertawa geli melihat anak-anak yang terbalik memasang gambar gerakan sujud (jadi seperti kanguru), dan gerakan rukuk (jadi seperti orang duduk ngelonjor). Hihihi dasar bocah..Kelompok yang menang mendapatkan applause dan toast yang meriah dari teman-teman dan guru-guru. Herannya yang bikin heboh juga gurunya, jadilah anak-anak semakin lincah.

Lomba kedua tentunya untuk pertama kalinya diadakan (saya belum pernah lihat lomba seperti ini), yaitu Lip Sync pembacaan teks proklamasi. Lomba ini juga sempat bikin ketawa geli, gerakan bibir anak-anak yang terlambat dengan suara Bung Karno dan gigi-gigi para peserta yang ompong membuat kami berjuang menahan tawa (jadi senyum aja).

Terakhir adalah lomba mewarnai gambar masjid. Saat inilah anak-anak terlihat sangat serius dan tekuuun sekali. Salah satunya adalah Humaidi Jibran (siswa kelas 2) yang kami perkirakan Autis. Jibran dengan semangat membawa kyaron dari rumah, saya lihat ia mewarnai seluruh masjidnya dengan warna biru, dalam hitungan detik ia berteriak “bu, udah jadi!”. Saya jawab, “wah, bagus sekali, hebat!”. Lalu saya perhatikan isi tempat krayonnya, hanya batang crayon warna-warna suram dan sudah sangat pendek (trenyuh). Saya lalu memberikan crayon warna-warni yang disediakan di sekolah. Akhirnya ia menambah warna orange dan kuning sesukanya.

Masih ada lagi agenda esok hari, sampai waktu berbuka. Ada yang lebih seru lagi. Mau tau ceritanya? Tunggu ya.. ^_^ Salam Juara!!(Irma Sari).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s