Airmata di Sd Juara Jakut 1

Tanjung Priuk di penghujung Ramadhan (20/8/2011). Hari itu adalah hari penuh doa beriring airmata. Acara pamungkas pada agenda PERAK (Pesantren Ramadhan Kemerdekaan)2011. Acaranya dimulai tepat pada waktu ashar. Anak-anak dan orang tua beserta guru sholat berjama’ah di Masjid Raudlatul Jannah. Kemudian setelah sambutan dari Kepala Sekolah, penampilan siswa, dan pengumuman pemenang lomba, anak-anak menonton film kisah para nabi. Semuanya antusias dan ceria. Sementara itu para guru akhwat sudah sibuk di dapur dadakan untuk menyiapkan ta’jil.

Inilah acara puncaknya: permohonan maaf orang tua kepada anaknya, dan anak kepada orang tuanya. Para orang tua telah disediakan kursi di halaman masjid, sedangkan anak-anak mereka berdiri di hadapan orang tua masing-masing. Diiringi narasi dari Bu Yuli (wali kelas 1), seluruh hadirin menghayati bait demi bait syair yang dibacakan. Setelah syair dibacakan anak-anak diminta untuk mencium kaki orang tua mereka, sambil berlinangan airmata para orang tua segera memeluk anak mereka. Uh…betapa tersayat-sayat hati yang melihatnya. Rasanya ingin segera pulang lalu berteriak: “emaaaak….maafkan anakmu ini…” Dan kupeluk tubuh ibunda yang sudah lemah dan menua. Tanpa mereka kita bukanlah apa-apa.

Demikianlah sekelumit kisah di penghujung Ramadhan. Mengharap ridho orang tua dan ampunan Rabb kita, sebelum menyudahi Ibadah Ramadhan dengan Gemilang. Taqabbalallah minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, minal aa’idiin wal faaidziin, kullu ‘aam wa antum bikhair. Mohon maaf lahir bathin dari kami segenap keluarga besar SD Juara Jakarta Utara 1. (Irma Sari).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s