Perjalanan SD JUARA JAKARTA UTARA 1

Semakin berkembangnya kualitas pendidikan di Indonesia, tak lepas dari semakin menjamurnya sekolah-sekolah terpadu (integrated school) dan unggulan yang mengedepankan proses pembelajaran menarik, menyenangkan, berorientasi proses daripada hasil. Akan tetapi sekolah-sekolah ini tak dapat dijangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, dikarenakan biaya yang cukup besar untuk dapat menikmati pembelajaran. Sebagai jawaban atas keresahan masyarakat dan impian mereka untuk bisa menyekolahkan anak mereke di sekolah yang berkualitas, Rumah Zakat mendirikan Sekolah Juara sebagai sekolah unggulan gratis untuk anak yatim dan dhuafa. Sejak tahun 2007 Sekolah Juara semakin berkembang dan menyebar di pelosok Nusantara.

SD Juara Jakarta Utara 1 merupakan Sekolah Unggulan Gratis ke 12 binaan Rumah Zakat. Sekolah ini didirikan pada tahun 2011 sebagai bagian dari CSR (Coorporate Social Responsibility) PT Pelindo II, terletak di kelurahan Kebon Bawang kecamatan Tanjung Priuk Jakarta Utara. Menempati gedung tua bekas madrasah yang sudah tak beroperasi lagi selama belasan tahun. Gedung ini termasuk bagian dari tanah wakaf Masjid Raudlatul Jannah yang berlokasi di Jalan Swausaha no.17. Melalui program kemitraan gedung tersebut direnovasi dan diberi nama menjadi SD Juara Pelindo II. Namun berdasarkan kesepakatan dan konsep dengan PT Pelindo II, namanya berganti menjadi SD Juara Jakarta Utara 1. Dengan tujuan PT Pelindo II akan mengalirkan kembali dana CSR untuk mendirikan SD Juara Jakarta Utara 2 dan seterusnya.

Personil SD Juara Jakarta Utara 1 saat ini berjumlah 10 orang. Dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah, dibantu seorang Pembantu Kepala Sekolah bidang Kurikulum, seorang Pembantu Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, 3 orang Wali Kelas, 1 orang Guru Bidang Studi, 1 orang Tata Usaha, dan 1 orang House Hold. Berasal dari berbagai bidang keilmuan, membuat sekolah ini penuh dengan dinamika. Namun dapat saling memberikan ilmu dan pengalaman mereka masing-masing.

Animo masyarakat sekitar SD Juara Jakarta Utara 1 cukup besar. Di tahun pertama sekolah ini didirikan telah berhasil menerima siswa sebanyak 75 orang (per kelas 25 orang), untuk kelas 1 sampai kelas 3. Hal ini tentunya menjadi tantangan besar bagi para pendidik yang bergabung di SD Juara Jakarta Utara 1, untuk membuktikan kualitas yang diharapkan. Menggunakan berbagai pendekatan di harapkan sekolah ini mampu menjadi sekolah gratis berkualitas.

Adapun pendekatakan pembelajaran yang diterapkan di SD Juara Jakarta Utara 1 adalah Multiple Intelligences (kecerdasaran majemuk), Fun Leraning (belajar menyenangkan), Active Learning (belajar aktif), Mastery Learning (belajar tuntas), ICT based learning (pembelajaran berbasis IT) dan penanaman nilai-nilai Islami. Melalui berbagai pendekatan tersebut siswa terlihat sangat antusias dalam belajar. Di sekolah ini tak terlihat ada siswa yang “kapok” datang ke sekolah. Mereka selalu semangat untuk hadir di kelas, untuk menerima hal-hal baru dari guru dan teman-teman.

Selama 6 bulan ini, Sd Juara Jakarta Utara 1 telah mengadakan Outing Class ke Museum Sejarah Jakarta dan Kebun Binatang Ragunan. Di tempat-tempat tersebut mereka mempelajari tentang sejarah dan sains. Untuk ke depannya siswa akan mengikuti Outing Class kembali ke tempat luar biasa lainnya. Selain itu terdapat kegiatan ekstrakurikuler untuk menyalurkan minat dan bakat siswa, antara lain: Math Club, English Club, Art Club, Drum Band, dan Pramuka. Melalui pembiasaan berdoa, sholat dhuha, solat zhuhur berjamaah, pembelajaran alqur’an, morning talk, akan tertanam karakter siswa yang disiplin, mandiri, dan bertaqwa.

Tak hanya siswa, guru-gurupun terus diberikan pelatihan untuk meningkatkan skill mengajar mereka. Beberapa pelatihan telah terlaksana antara lain: Pelatihan Hypnoteaching, Pelatihan Manajemen Kelas, Pelatihan Sertifikasi Metode UMMI, dan Pelatihan Multiple Intelligences. Dalam penerapannya di kelas diadakan supervisi kelas sebagai evaluasi untuk guru. Selain itu di setiap harinya dilaksanakan presentasi bedah buku yang terkait dengan Proses Belajar Mengajar pada agenda Inspirasi Pagi.

Pembinaan orang tua tak terlewatkan dari program SD Juara Jakarta Utara 1 di setiap bulannya. Pada agenda ini orang tua siswa mendapatkan ilmu tentang pendidikan anak dan saling sharing dengan manajemen sekolah. Di bulan November telah terbentuk komite sekolah. Melalui komite sekolah ini diharapkan terjadinya komunikasi efektif antara orang tua dengan pihak sekolah. (Irma Sari)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s